Skip to main content

Manfaat Kayu Gaharu, Tak Hanya Dari Sisi Bisnis Tapi Juga Klinis

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam tinggi berupa hasil hutannya. Bahkan untuk hasil hutan, negeri ini menempati daftar teratas negara penghasil kayu terbaik di dunia. Dengan kualitas hutan hujan yang menempati tiga besar dunia, sudah menjadi barang pasti jika variasi pohon yang tumbuh di hutan hujan negeri ini sangat tinggi. Berbagai macam jenis pohon pohonan tumbuh di semua hutan tropis Indonesia. Bahkan ada beberapa diantaranya berharga sangat mahal untuk ukuran barang baku belum produksi. Diantaranya bahkan bisa terjual diangka puluhan juta rupiah. Bahkan tak hanya dipasarkan untuk kebutuhan dalam negeri, beberapa diantar pohon tersebut juga dikirim ke luar negeri untuk digunakan sebagai barang ekspor yang mendatangkan devisa yang cukup besar bagi negeri ini. salah satu pohon yang dipercaya memiliki nilai jual tinggi adalah gaharu. Lalu apa manfaat kayu gaharu sehingga berharga begitu mahal dipasaran?

Manfaat Kayu Gaharu

Tak seperti tanaman pohon jati atau cendana yang lebih dikenal oleh masyarakat kita secara umum, pohon gaharu bisa jadi jarang didengar atau bahkan sedikit yang pernah mendengarnya. Berbeda dengan pohon jati maupun cendana yang lebih luas dikenal oleh masyarakat kita, pohon gaharu lebih tidak populer ditelinga masyarakat kita. Hal ini bisa diakibatkan karena jarang kita temui phon gaharu di sekitar tempat tinggal kita ataupun jarangnya kayu dari jenis pohon ini untuk digunakan sebagai bahan bangunan ataupun bahan membuat furniture. Ya, pohon gaharu memang tidak terkenal sebagai penghasil kayu yang kokoh untuk bahan bangunan. Namun meskipun demikian, pohon gaharu dipercaya sebagai penghasil getah atau resin yang biasa dipakai oleh produsen parfum untuk membuat produk parfumnya. Bahkan, meskipun tak menghasilkan kayu yang kokoh, faktanya harga jual getah pohon ini sangat bernilai tinggi. Dengan nilai ekonomis yang baik, banyak manfaat kayu gaharu berupa getah yang bisa didapat oleh penanamnya.

Pada umumnya, sebagian besar orang akan menganggap manfaat kayu gaharu yang beraroma wangi hanyalah terbatas sebagai wewangian baik itu sebagai bahan tambahan dalam produksi sabun, parfum, ataupun dupa. Akan tetapi seiring dengan penelitian yang banyak dilakukan oleh para ahli juga menunjukkan bahwa manfaat kayu gaharu juga cukup berguna dalam dunia pengobatan. Diantaranya, sebagai pereda stress dan mengatasi penyakit insomnia. Seperti yang kita ketahui, kayu pohon gaharu dapat menghasilkan resin yang memiliki aroma yang wangi, dengan demikian, kayu pohon ini bisa dijadikan sebagai aromatherapy yang sangat ampuh bagi anda yang sedang mengalami tekanan atau stress akibat berbagai aktivitas anda yang cukup berat. Selain itu anda juga bisa menggunakan aromatherapy tersebut untuk mengatasi gangguan sulit tidur anda.

Selain sebagai aromatherapy sebagai pengobatan masalah stress dan insomia, kayu pohon gaharu juga dipercaya bisa mengatasi beberapa penyakit dalam. Yang pertama kayu gaharu dipercaya bisa mengurangi kandungan kolesterol dalam tubuh anda. Kolesterol berlebih sangat berbahaya terhadap tubuh anda bahkan bisa jadi penyebab berbagai masalah yang serius bagi tubuh anda. Selanjutnya, kayu gaharu juga dipercaya banyak orang berkhasiat untuk mengatasi masalah gula darah dan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kedua penyakit tersebut juga merupakan penyakit yang bisa berakibat cukup fatal bagi tubuh bahkan menjadi salah satu penyebab kematian. Dan yang terakhir, kayu dari pohon gaharu juga dipercaya berkhasiat untuk mengeluarkan racun atau toksin dalam tubuh anda. Demikianlah berbagai manfaat kayu gaharu yang bisa anda dapatkan, tak hanya dari segi ekonomis yang cukup menguntungkan, kayu gaharu juga secara klinis mampu mengatasi beberapa macam penyakit yang mungkin anda alami.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Di Indonesia istilah kebugaran jasmani sudah umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengertian kebugaran jasmani yang tepat adalah sulit, karena kebugaran jasmani merupakan masalah yang komplek. Pengertian kebugaran jasmani yang disampaikan para ahli bermacam-macam, antara ahli yang satu dengan ahli yang lain tidak sama, hal ini dapat kita lihat pendapat masing-masing ahli antara lain: Menurut Kockey dalam Sumarjo (2002 : 43) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1998 : 19) kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak.

Pengertian Industri Secara Luas dan Sempit

Pengertian industri secara luas dapat dikatakan segala kegiatan ekonomi yang bersifat produktif atau menghasilkan keuntungan. Atau bisa disebut juga industri merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah agar bisa mendapatkan keuntungan. Ada pula pengertian industri menurut UU No 5 Tahun 1984 yaitu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi yang dijadikan barang dengan nilai yang lebih tinggi guna bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Industri juga diartikan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan perlatan seperti halnya mesin. Untuk produk yang diolah, dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi. Untuk barang konsumsi yaitu barang yang sering digunakan oleh konsumen secara langsung. Contohnya adalah makanan, kain, dan kosmetik. Sedangkan barang produksi adalah barang yang digunakan kembali oleh sebuah pabrik untuk m

Pengertian Finansial dan Perkembangan Berbagai Istilah dari Kata Tersebut dalam Bidang Ekonomi

Mendengar kata finansial, tentunya kita akan berpikir itu adalah istilah dalam bidang ekonomi. Ya, finansial adalah sebuah kata yang sering muncul dalam bidang ekonomi. Finansial berasal dari bahasa Inggris, yakni finance. Mudahnya, finansial juga diartikan sebagai keuangan. Lalu sebenarnya, apa pengertian finansial itu? Mari kita lihat pengertian-pengertian dan pengembangan pemakaian kata finansial dalam bidang ekonomi. Semoga dengan ulasan berikut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru atau menambah pemahaman Anda tentang ekonomi. Pengertian finansial dapat mencakup beberapa aspek, misalnya ilmu keuangan dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset tersebut, dan bagaimana menghitung dan mengatur risiko proyeknya. Finansial berarti mempelajari kemampuan individu, bisnis , dan organisasi untuk mengelola, meningkatkan, mengalokasi, juga menggunakan sumberdaya moneter yang sejalan dengan waktu serta menghitung risiko dan menentukan prospek. Finansial juga dapat berarti admi