Skip to main content

Ternyata Inilah Manfaat Minum Kopi

Untuk para perokok, minum kopi mungkin menjadi teman yang cocok disaat merokok. Banyak yang mengatakan bahwa terlalu banyak minum kopi tidak baik untuk kesehatan. Apalagi adanya kandungan kafein yang ada pada kopi bila diminum terlalu banyak dipercaya dapat menyebabkan sakit pada lambung. Sebenarnya, kopi bisa mendatangkan banyak manfaat apabila kita bisa mengkonsumsinya dengan benar. Menikmati kopi dengan benar ialah dengan mengontrol gula yang dipakai. Menikmati kopi yang baik sebenarnya adalah kopi yang encer tidak terlalu kental dan juga dengan kandungan gula yang tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat minum kopi yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Kopi merupakan minuman berwarna hitam pekat yang sangat memiliki harum dan citarasa yang tinggi. Maka pantas saja banyak orang yang kecanduan minum kopi.

Manfaat Minum Kopi

Namun bagi Anda yang bisa mengontrol gula dalam kopi dengan baik, tidak perlu khawatir terhadap bahaya yang bisa dihasilkan karena terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Selain itu, minum air putih secukupnya setelah minum kopi juga bisa membantu menyehatkan tubuh dengan benar. Bagi para pecinta kopi, Anda harus mengetahui bahwa minuman favorit Anda tersebut ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat minum kopi yaitu

- Cegah timbulnya batu empedu
Bagi wanita pecinta kopi, rutinitasnya meminum kopi mampu menurunkan adanya batu empedu pada tubuh hingga 25%

- Melindungi jantung
Kopi hitam mengandung banyak sekali antioksidan yang mampu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri. Sesaat setelah Anda meminum kopi hitam, mungkin akan merasakan tekanan pada darah dan denyut jantung meningkat. Tetapi selang beberapa saat, kopi justru menurunkan tekanan darah karena antioksidan yang dikandungnya dapat mengaktifkan asam nitrat pada tubuh yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

- Menghilangkan sakit kepala
Manfaat kafein yang ada pada kopi ternyata mampu mengatasi sakit kepala dan juga migrain. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kafein pada kopi hitam dapat meningkatkan aktivitas sel otak yang dapat mengakibatkan pembuluh darah di sekitar otak menjadi tegang.

- Tingkatkan kesuburan pria
Bagi pria yang sebagian besar adalah pecinta kopi, manfaat minum kopi ternyata juga ada untuk meningkatkan kesuburan pria. Bila mengkonsumsi kopi pada pagi hari dapat membuat produksi sperma lebih banyak.

- Mengurangi resiko kanker
Dengan meminum kopi dua sampai tiga cangkir dalam sehari, dapat membantu mengurangi resiko kanker pada tubuh. Bagi wanita, dapat terhindar dari resiko kanker payudara. Namun tidak hanya kanker payudara saja. Kopi juga bisa menghindarkan tubuh dari kanker prostat.

- Melindungi gigi
Senyawa yang ada pada kopi yang memiliki sifat anti-bakteri dan anti-perekat sangat baik untuk mengatasi masalah yang menyerang mulut dan gigi. Senyawa pada kopi tersebut diyakini dapat menjaga kesehatan mulut, mengatasi gigi berlubang dan plak serta infeksi  yang kadang menyerang gusi.

- Turunkan resiko terkena diabetes tipe 2
Manfaat minum kopi selanjutnya adalah menurunkan resiko terhadap diabetes tipe 2. Kopi diyakini dapat menghindarkan tubuh dari resiko diabetes tipe 2. Dengan sering meminum kopi sehari 4x. Dengan rajin meminum kopi, kadar protein hormon seks pengikat globulin yang bisa menawarkan perlindungan terhadap adanya gangguan diabetes tipe 2.

- Menurunkan depresi
Untuk para penikmat kopi, mungkin mereka tidak sering mengalami depresi. Karena dipercaya bahwa manfaat minum kopi, dapat memberikan efek jangka pendek untuk energi dan suasan hati. Efek tersebut mungkin disebabkan oleh kandungan kafein yang ada pada kopi hitam.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Di Indonesia istilah kebugaran jasmani sudah umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengertian kebugaran jasmani yang tepat adalah sulit, karena kebugaran jasmani merupakan masalah yang komplek. Pengertian kebugaran jasmani yang disampaikan para ahli bermacam-macam, antara ahli yang satu dengan ahli yang lain tidak sama, hal ini dapat kita lihat pendapat masing-masing ahli antara lain: Menurut Kockey dalam Sumarjo (2002 : 43) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1998 : 19) kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak.

Pengertian Industri Secara Luas dan Sempit

Pengertian industri secara luas dapat dikatakan segala kegiatan ekonomi yang bersifat produktif atau menghasilkan keuntungan. Atau bisa disebut juga industri merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah agar bisa mendapatkan keuntungan. Ada pula pengertian industri menurut UU No 5 Tahun 1984 yaitu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi yang dijadikan barang dengan nilai yang lebih tinggi guna bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Industri juga diartikan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan perlatan seperti halnya mesin. Untuk produk yang diolah, dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi. Untuk barang konsumsi yaitu barang yang sering digunakan oleh konsumen secara langsung. Contohnya adalah makanan, kain, dan kosmetik. Sedangkan barang produksi adalah barang yang digunakan kembali oleh sebuah pabrik untuk m

Pengertian Finansial dan Perkembangan Berbagai Istilah dari Kata Tersebut dalam Bidang Ekonomi

Mendengar kata finansial, tentunya kita akan berpikir itu adalah istilah dalam bidang ekonomi. Ya, finansial adalah sebuah kata yang sering muncul dalam bidang ekonomi. Finansial berasal dari bahasa Inggris, yakni finance. Mudahnya, finansial juga diartikan sebagai keuangan. Lalu sebenarnya, apa pengertian finansial itu? Mari kita lihat pengertian-pengertian dan pengembangan pemakaian kata finansial dalam bidang ekonomi. Semoga dengan ulasan berikut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru atau menambah pemahaman Anda tentang ekonomi. Pengertian finansial dapat mencakup beberapa aspek, misalnya ilmu keuangan dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset tersebut, dan bagaimana menghitung dan mengatur risiko proyeknya. Finansial berarti mempelajari kemampuan individu, bisnis , dan organisasi untuk mengelola, meningkatkan, mengalokasi, juga menggunakan sumberdaya moneter yang sejalan dengan waktu serta menghitung risiko dan menentukan prospek. Finansial juga dapat berarti admi