Skip to main content

Mengetahui Apa Saja Manfaat Vitamin C

Vitamin C atau bisa disebut juga asam askorbat ini adalah jenis vitamin yang mudah ditemui dan aman untuk dikonsumsi walaupun secara berlebih setiap hari. Vitamin C adalah vitamin yang sangat berperan penting untuk kesehatan dalam tubuh. Kebanyakan orang bila mengalami sakit flu atau bibir pecah-pecah tentu akan lari mencari asupan vitamin C. Manfaat vitamin C sangatlah banyak mulai dari untuk kesehatan sampai dengan merawat kecantikan tubuh. Buah-buahan yang mengandung vitamin C pun sangat beragam dan rata-rata dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaat vitamin C yang utama adalah vitamin C dapat menjadi antioksidan dalam tubuh. Sehingga tubuh Anda akan terbebas dari kerusakan tubuh yang disebabkan radikal bebas.

Manfaat Vitamin C

Agar menjaga tubuh tetap sehat dan terawat setiap harinya, memenuhi kebutuhan vitamin tentu menjadi hal yang penting. Apalagi bila Anda sudah mengetahui apa saja khasiat yang ada bila kita memenuhi kebutuhan setiap vitamin dalam tubuh. Jadi, apa sajakah manfaat vitamin C?

1. Mencegah Penuaan
Karena manfaat vitamin C dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, penuaan dini mampu dicegah dengan baik dengan vitamin C. Vitamin C juga bisa melindungi molekul-molekul kecil yang penting dalam tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat, dan asam nukleat dari kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

2. Mengendalikan Kadar Kolesterol
Manfaat vitamin C selanjutnya adalah mampu membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu yang bisa menyebabkan implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu pada tubuh.

3. Mempercepat pemulihan kondisi badan
Vitamin C mampu menjaga kekebalan tubuh dan juga mempercepat kembalinya kondisi badan yang buruk. Vitamin C sering dikonsumsi  untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan memulihkan badan pasca menderita sakit.

4. Menurunkan berat badan
Vitamin C ternyata terbukti mampu membantu terjadinya biosintesis molekul kecil seperti protein yang bisa disebut dengan carnitie. Carnitie tersebut memiliki peran mampu mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan tempat pembakaran lemak. Sehingga bila molekul lemak kurang selama proses metabolisme, dapat menyebabkan penurunan energi dalam tubuh. Jadi dapat disimpulkan bahwa bila kekurangan vitamin C, akan kekurangan juga kadar carnitie dalam tubuh yang bisa menyebabkan lemak menimbun dalam tubuh.

5. Cegah Stroke
Dengan banyak mengkonsumsi vitamin C, akan sangat rendah kemungkinan tubuh terserang stroke. Walaupun diet tinggi antioksidan dapat membantu menangkal penyakit kardiovaskular, tetap saja dengan banyak mengkonsumsi vitamin mampu mencegah Anda terkena stroke.

6. Mengobati infeksi vagina
Manfaat vitamin C ternyata juga berlaku untuk kesehatan organ intim wanita. Kebanyakan disebabkan lembab, vagina sangat rentan terkena keputihan yang disebabkan oleh bakteri yang timbul. Dengan memberikan tablet vitamin C untuk vagina, dapat mengobati bacterial vaginosis yaitu dengan cara menurunkan pH vagina serta mengembalikan keadaan vagina seperti biasa atau normal.

7. Meningkatkan fungsi retina mata
Bagi Anda yang menjalankan diet kaya vitamin C ternyata mampu memberikan perlindungan terhadap saraf retina dan hal ini tentu sangat bermanfaat bagi orang-orang yang rentan terhadap glaukoma. Selain itu, vitamin C yang memang sudah terkenal dengan antioksidannya untuk menghadapi radikal bebas, akan mudah juga mengatasi gangguan pada retina yang disebabkan banyaknya radikal bebas pada tubuh.

8. Merawat kecantikan tubuh
Selain menjaga kesehatan organ-organ dalam tubuh, manfaat vitamin C juga bisa untuk merawat kesehatan rambut serta kulit badan hingga kulit wajah.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Di Indonesia istilah kebugaran jasmani sudah umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengertian kebugaran jasmani yang tepat adalah sulit, karena kebugaran jasmani merupakan masalah yang komplek. Pengertian kebugaran jasmani yang disampaikan para ahli bermacam-macam, antara ahli yang satu dengan ahli yang lain tidak sama, hal ini dapat kita lihat pendapat masing-masing ahli antara lain: Menurut Kockey dalam Sumarjo (2002 : 43) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1998 : 19) kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak.

Pengertian Industri Secara Luas dan Sempit

Pengertian industri secara luas dapat dikatakan segala kegiatan ekonomi yang bersifat produktif atau menghasilkan keuntungan. Atau bisa disebut juga industri merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah agar bisa mendapatkan keuntungan. Ada pula pengertian industri menurut UU No 5 Tahun 1984 yaitu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi yang dijadikan barang dengan nilai yang lebih tinggi guna bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Industri juga diartikan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan perlatan seperti halnya mesin. Untuk produk yang diolah, dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi. Untuk barang konsumsi yaitu barang yang sering digunakan oleh konsumen secara langsung. Contohnya adalah makanan, kain, dan kosmetik. Sedangkan barang produksi adalah barang yang digunakan kembali oleh sebuah pabrik untuk m

Pengertian Finansial dan Perkembangan Berbagai Istilah dari Kata Tersebut dalam Bidang Ekonomi

Mendengar kata finansial, tentunya kita akan berpikir itu adalah istilah dalam bidang ekonomi. Ya, finansial adalah sebuah kata yang sering muncul dalam bidang ekonomi. Finansial berasal dari bahasa Inggris, yakni finance. Mudahnya, finansial juga diartikan sebagai keuangan. Lalu sebenarnya, apa pengertian finansial itu? Mari kita lihat pengertian-pengertian dan pengembangan pemakaian kata finansial dalam bidang ekonomi. Semoga dengan ulasan berikut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru atau menambah pemahaman Anda tentang ekonomi. Pengertian finansial dapat mencakup beberapa aspek, misalnya ilmu keuangan dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset tersebut, dan bagaimana menghitung dan mengatur risiko proyeknya. Finansial berarti mempelajari kemampuan individu, bisnis , dan organisasi untuk mengelola, meningkatkan, mengalokasi, juga menggunakan sumberdaya moneter yang sejalan dengan waktu serta menghitung risiko dan menentukan prospek. Finansial juga dapat berarti admi