Skip to main content

Kandungan dan Manfaat Daun Binahong (Gondola)

Manfaat daun binahong adalah untuk pengobatan gangguan kesehatan mulai dari penyakit yang ringan hingga cukup berat. Daun binahong adalah sejenis tanaman rambat yang berasal dari Korea dan Afrika. Walaupun sebenarnya memiliki banyak khasiat dan manfaat, tak jarang orang yang hanya menjadikan daun binahong sebagai tanaman hias di depan rumah. Bagi masyarakat Indonesia, mungkin asing dengan nama daun binahong karena kebanyakan mengenal tanaman ini dengan sebutan tanaman gondola. Namun di Indonesia, orang yang mengetahui manfaat tanaman gondola ini terbilang masih sedikit apalagi bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan. Untuk orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan mungkin akan lebih akrab dengan manfaat gondola ini karena akrab juga dengan kegiatan tanam-menanam. Selain dikenal sebagai obat untuk penyakit ringan hingga cukup berat, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat luka memar, luka bekas pukul atau terkena benda tajam. Selain mengenal apa saja manfaat dari tanaman gondola ini, Anda juga harus paham mengenai apa saja kandungan khasiat yang ada pada daun ini.

Manfaat Daun Binahong

Kandungan khasiat daun binahong adalah antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang tinggi. Untuk orang-orang Indonesia, tanaman ini dapat ditanam dengan mudah di depan rumah ataupun dibelakang rumah. Karena tipe tanaman ini merambat dan dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi yang teduh. Jadi tidak perlu terkena sinar matahari yang terlalu berlebih karena akan menghambat pertumbuhan tanaman gondola ini. Dan untuk tempat penanamannya, tidak harus di tanah luas dan terbuka. Anda bisa menanamnya di dalam pot, asalkan Anda rajin merawatnya agar dapat tumbuh dengan baik. Manfaat daun binahong diantaranya dapat menyembuhkan batuk atau muntah darah. Cara mengobati untuk penyakit batuk darah ialah dengan 10 lembar daun gondola yang kemudian direbus dalam 2 gelas air bersih. Rebus hingga air tersisa 1 gelas.

Selain itu, daun binahong juga dapat mengatasi kencing manis dengan menggunakan 11 lembar daun binahong yang sama caranya yaitu direbus terlebih dahulu dalam 3 gelas air hingga air tersisa sebanyak 1 gelas. Bagi Anda yang mengalami penyakit berat seperti gegar otak, daun binahong juga berkhasiat untuk mengobati jenis penyakit berat tersebut. Yaitu dengan 10 lembar daun binahong, kemudian rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa sebanyak 1 gelas. Kemudian minum air rebusan tersebut setiap hari secara rutin untuk mendapatkan perubahan hasil yang signifikan. Manfaat daun binahong selain untuk penyakit berat yaitu untuk penyakit ringan. Penyakit ringan yang dapat disembuhkan oleh tanaman gondola ini adalah hidung mimisan yaitu menggunakan 4 lembar daun singkong yang direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian minum air rebusan tersebut.

Gusi berdarah juga dapat diatasi dengan tanaman gondola ini, caranya dengan merebus 3 daun binahong dengan 2 gelas air. Kemudian rebus hingga air tersisa 1 gelas, kemudian minum secara rutin. Selain sebagai obat, daun binahong juga dapat menjaga stamina tubuh, penghangat badan, dan juga lemah syahwat. Untuk Anda yang terkena luka luar seperti luka gores, cara pengobatan menggunakan daun binahong ialah dengan ditumbuk sampai halus, oleskan pada luka Anda secara merata dan berulang. Setelah itu lakukan hal tersebut berulang bila luka yang ada masih basah ataupun parah agar dapat terobati dengan cepat.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Di Indonesia istilah kebugaran jasmani sudah umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengertian kebugaran jasmani yang tepat adalah sulit, karena kebugaran jasmani merupakan masalah yang komplek. Pengertian kebugaran jasmani yang disampaikan para ahli bermacam-macam, antara ahli yang satu dengan ahli yang lain tidak sama, hal ini dapat kita lihat pendapat masing-masing ahli antara lain: Menurut Kockey dalam Sumarjo (2002 : 43) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1998 : 19) kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak.

Pengertian Industri Secara Luas dan Sempit

Pengertian industri secara luas dapat dikatakan segala kegiatan ekonomi yang bersifat produktif atau menghasilkan keuntungan. Atau bisa disebut juga industri merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah agar bisa mendapatkan keuntungan. Ada pula pengertian industri menurut UU No 5 Tahun 1984 yaitu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi yang dijadikan barang dengan nilai yang lebih tinggi guna bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Industri juga diartikan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan perlatan seperti halnya mesin. Untuk produk yang diolah, dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi. Untuk barang konsumsi yaitu barang yang sering digunakan oleh konsumen secara langsung. Contohnya adalah makanan, kain, dan kosmetik. Sedangkan barang produksi adalah barang yang digunakan kembali oleh sebuah pabrik untuk m

Pengertian Finansial dan Perkembangan Berbagai Istilah dari Kata Tersebut dalam Bidang Ekonomi

Mendengar kata finansial, tentunya kita akan berpikir itu adalah istilah dalam bidang ekonomi. Ya, finansial adalah sebuah kata yang sering muncul dalam bidang ekonomi. Finansial berasal dari bahasa Inggris, yakni finance. Mudahnya, finansial juga diartikan sebagai keuangan. Lalu sebenarnya, apa pengertian finansial itu? Mari kita lihat pengertian-pengertian dan pengembangan pemakaian kata finansial dalam bidang ekonomi. Semoga dengan ulasan berikut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru atau menambah pemahaman Anda tentang ekonomi. Pengertian finansial dapat mencakup beberapa aspek, misalnya ilmu keuangan dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset tersebut, dan bagaimana menghitung dan mengatur risiko proyeknya. Finansial berarti mempelajari kemampuan individu, bisnis , dan organisasi untuk mengelola, meningkatkan, mengalokasi, juga menggunakan sumberdaya moneter yang sejalan dengan waktu serta menghitung risiko dan menentukan prospek. Finansial juga dapat berarti admi