Skip to main content

Beberapa Contoh Sederhana dari Manfaat Teknologi

Ketika anda mendengar tentang teknologi, apa yang anda pikirkan? Barangkali jawaban dari pertanyaan tersebut akan banyak sekali dan sangat beragam. Hal ini bisa terjadi karena teknologi saat ini telah menjadi hal yang sangat umum dalam hidup setiap orang. Bahkan, bisa dikatakan bahwa teknologi telah menjadi salah satu bagian penting dalam hidup manusia. Anda bisa membayangkan sendiri ketika anda harus hidup tanpa adanya satu pun teknologi. Bisa jadi, anda akan kembali seperti halnya manusia gua pada jaman dahulu. Dari hal ini, bisa dilihat bahwa manfaat teknologi sangatlah beragam dan itu benar-benar memegang peranan vital dalam hidup anda dan orang lain. Contohnya saja, bila aliran listrik padam selama satu hari, sudah pasti akan terjadi banyak sekali kekacauan yang terjadi. Hal ini adalah salah satu contoh betapa pentingnya peran teknologi dalam hidup manusia.

Ada banyak sekali manfaat teknologi yang bisa dirasakan, dan bila dibuat daftar, tentu akan menjadi sangat banyak sekali. Manfaat pertama bisa dilihat dalam hidup keseharian anda, atau lebih spesifiknya adalah hidup keseharian anda. Dalam hidup keseharian, tentu saja anda membutuhkan listrik. Dalam hal ini, listrik merupakan salah satu bentuk dari teknologi. Dengan adanya listrik tersebut, anda bisa menggerakkan berbagai piranti atau teknologi lainnya. Misalnya saja, dalam urusan rumah tangga, tentu anda akan memasak. Saat ini, anda bisa memasak dengan lebih mudah dengan adanya kompor listrik. Selain itu, ada juga microwave, rice cooker, blender/mixer dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula mesin cuci, setrika, mesin penyedot debu dan AC. Itu adalah beberapa contoh teknologi yang anda gunakan dalam kehidupan sehari-sehari yang tentunya memiliki manfaat yang sangat besar bagi anda.

Dalam hal transportasi, manfaat teknologi pun ada banyak sekali. Anda bisa membandingkan berbagai sarana transportasi yang ada 20 tahun lalu dengan yang ada saat ini, atau bisa menarik lebih jauh lagi jauh ke belakang. Pada masa lalu, sebelum adanya mesin, orang masih menggunakan kereta dengan kuda sebagai penggeraknya. Hal itu berubah ketika mesin diesel mulai ditemukan. Transportasi pun menjadi semakin efektif. Pada masa awal mesin diesel, kereta dan mobil memang menjadi salah satu sarana transportasi yang sangat penting. Seiring perkembangan jaman, muncul pula penggunaan mesin untuk kapal hingga  kemudian ditemukan cara membuat pesawat. Perkembangan teknologi transportasi tidak berhenti di situ saja. Keberadaan dan perkembangan komputer pun turut mendukung perkembangan teknologi transportasi. Contohnya saja, hal ini bisa dilihat dalam sistem navigasi dalam pesawat, terutama ketika digunakan auto pilot.

Dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan, teknologi juga memegang peranan yang sangat penting, baik itu dalam hal sarana – prasarana atau pun terkait langsung dengan pengetahuan siswa itu sendiri. Dalam hal sarana prasarana, sudah pasti teknologi menjadi sangat menunjang proses belajar dan proses pendidikan tersebut. Hal ini bisa dilihat dari berbagai fungsi peralatan penunjang pendidikan, mulai dari buku, proyektor, LCD, dan tentu saja komputer. Dalam hal materi pendidikan dan ilmu pengetahuan, teknologi memungkinkan adanya validitas dalam hal informasi atau pengetahuan yang didapatkan. Misalnya saja, perkembangan teknologi membuat proses eksplorasi di luar angkasa semakin mudah, sehingga pengetahuan seseorang tentang antariksa pun semakin luas. Keberadaan teknologi juga memungkinkan setiap orang mengakses informasi tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan dengan cepat dan mudah, baik itu menggunakan buku atau internet. Itu adalah beberapa manfaat teknologi dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Di Indonesia istilah kebugaran jasmani sudah umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengertian kebugaran jasmani yang tepat adalah sulit, karena kebugaran jasmani merupakan masalah yang komplek. Pengertian kebugaran jasmani yang disampaikan para ahli bermacam-macam, antara ahli yang satu dengan ahli yang lain tidak sama, hal ini dapat kita lihat pendapat masing-masing ahli antara lain: Menurut Kockey dalam Sumarjo (2002 : 43) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1998 : 19) kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak.

Pengertian Industri Secara Luas dan Sempit

Pengertian industri secara luas dapat dikatakan segala kegiatan ekonomi yang bersifat produktif atau menghasilkan keuntungan. Atau bisa disebut juga industri merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah agar bisa mendapatkan keuntungan. Ada pula pengertian industri menurut UU No 5 Tahun 1984 yaitu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi yang dijadikan barang dengan nilai yang lebih tinggi guna bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Industri juga diartikan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan perlatan seperti halnya mesin. Untuk produk yang diolah, dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi. Untuk barang konsumsi yaitu barang yang sering digunakan oleh konsumen secara langsung. Contohnya adalah makanan, kain, dan kosmetik. Sedangkan barang produksi adalah barang yang digunakan kembali oleh sebuah pabrik untuk m

Pengertian Finansial dan Perkembangan Berbagai Istilah dari Kata Tersebut dalam Bidang Ekonomi

Mendengar kata finansial, tentunya kita akan berpikir itu adalah istilah dalam bidang ekonomi. Ya, finansial adalah sebuah kata yang sering muncul dalam bidang ekonomi. Finansial berasal dari bahasa Inggris, yakni finance. Mudahnya, finansial juga diartikan sebagai keuangan. Lalu sebenarnya, apa pengertian finansial itu? Mari kita lihat pengertian-pengertian dan pengembangan pemakaian kata finansial dalam bidang ekonomi. Semoga dengan ulasan berikut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru atau menambah pemahaman Anda tentang ekonomi. Pengertian finansial dapat mencakup beberapa aspek, misalnya ilmu keuangan dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset tersebut, dan bagaimana menghitung dan mengatur risiko proyeknya. Finansial berarti mempelajari kemampuan individu, bisnis , dan organisasi untuk mengelola, meningkatkan, mengalokasi, juga menggunakan sumberdaya moneter yang sejalan dengan waktu serta menghitung risiko dan menentukan prospek. Finansial juga dapat berarti admi