Skip to main content

Tampil Bugar, Sehat dan Perkasa dari Manfaat Madu

Madu telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak jaman Cleopatra hingga masa kini. Selain itu banyak sekali penemuan dan fakta-fakta baru tentang manfaat madu yang sangat baik bagi tubuh. Madu sendiri diciptakan dari madu baik secara alami atau artinya di alam liar atau pun pada tempat-tempat yang sudah disediakan oleh manusia. Sebelum diciptakan antibiotic pada tahun 1930an, madu telah menjadi jawaban bagi mereka yang ingin hidup dan tampil segar setiap saat. Anda bisa mengkonsumsi madu baik secara langsung maupun melalui proses lainnya seperti dicampur dengan minyak zaitun, teh, jamu dan lain sebagainya. Sedangkan untuk mengecek keaslian madu, anda bisa mengambil setetes madu kemudian taruh disebuah piring kecil kemudian teteskan dua kali air bersih dan goyang-goyangkan. Jika madu tersebut membentuk hexagonal maka bisa dipastikan madu tersebut adalah madu murni.

Manfaat Madu


Sejak beberapa abad madu telah menjadi obat bagi masalah kulit seperti borok dan luka. Glukosa dan enzim yang dikandung oleh madu membentuk oksidase glukosa. Zat inilah yang berperan penting untuk memecah glukosa madu sehingga menjadi hydrogen peroksida. Zat ini kemudian menjadi antiseptic yang sangat kuat dan mengatasi luka dan borok agar terhindar dari jamur dan kuman. Kulit dan cairan tubuh sendiri memiliki pH yang tinggi sehingga memungkinkan madu dapat bereaksi dengan cepat. Selain itu enzim, propolis, vitamin, serbuk sari dan mineral yang dikandung oleh madu dapat merangsang kembali pembentukan jaringan tubuh yang terbakar tersebut. Selain itu zat-zat tersebut mengurangi jaringan parut.

Madu sendiri memiliki manfaat yang sudah sangat terkenal. Cleopatra menggunakan madu sebagai bahan utama untuk membuat kulitnya halus. Hal ini dikarenakan oleh asam organic ringan dan asam glukonat yang dimiliki oleh madu. Dua asam ini dapat membantu melonggarkan ikatan pada sel-sel kulit mati. Dengan demikian regenerasi kulit mati tersebut menjadi lebih cepat. Selain itu manfaat madu untuk kecantikan juga bisa digunakan untuk menghilangkan keriput dan garis muka, menyeimbangkan kadar minyak di muka, dan membuat kulit muka lebih kenyal. Sedangkan kadar gula dan asam aminonya mempertahankan kelembaban kulit muka.

Sedangkan untuk kesehatan yang dikarenakan gaya hidup yang buruk, manfaat madu bisa berfungsi dengan baik sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas baik karena goreng-gorengan maupun polusi akibat kendaraan umum. Antioksidan yang bernama pinocembrin ini hanya terdapat pada madu dan juga berperan penting untuk menurunkan glukosa dan kolesterol darah. Meskipun madu lebih manis dari gula namun penemuan para ahli membuktikan bahwa indeks glemik yang dikandung oleh madu jauh lebih rendah dari gula.

Beberapa masalah yang mungkin anda anggap sepele juga bisa dibereskan oleh madu. Madu bisa digunakan juga untuk membuat rambut anda berkemilau anda cukup mengaplikasikan satu sendok makan madu yang dicampur dengan air hangat kemudian siramkan pada rambutnya. Tidak jauh berbeda dengan kebutuhan untuk mencuci muka, gunakan 4 hingga 5 sendok makan madu kemudian larutkan ke dalam air hangat. Apabila anda merasa sakit perut baik ketika di rumah maupun di perjalanan maka manfaat madu bisa didapatkan dengan mencampur madu, cuka, dan air untuk dikonsumsi. Selain itu madu juga bisa sangat cocok digunakan untuk anda kawula muda yang sering bermasalah dengan jerawat. Gunakan madu untuk dijadikan masker kemudian setelah beberapa lama basuhlah dengan air hangat.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Di Indonesia istilah kebugaran jasmani sudah umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengertian kebugaran jasmani yang tepat adalah sulit, karena kebugaran jasmani merupakan masalah yang komplek. Pengertian kebugaran jasmani yang disampaikan para ahli bermacam-macam, antara ahli yang satu dengan ahli yang lain tidak sama, hal ini dapat kita lihat pendapat masing-masing ahli antara lain: Menurut Kockey dalam Sumarjo (2002 : 43) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1998 : 19) kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak.

Pengertian Industri Secara Luas dan Sempit

Pengertian industri secara luas dapat dikatakan segala kegiatan ekonomi yang bersifat produktif atau menghasilkan keuntungan. Atau bisa disebut juga industri merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah agar bisa mendapatkan keuntungan. Ada pula pengertian industri menurut UU No 5 Tahun 1984 yaitu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi yang dijadikan barang dengan nilai yang lebih tinggi guna bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Industri juga diartikan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan perlatan seperti halnya mesin. Untuk produk yang diolah, dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi. Untuk barang konsumsi yaitu barang yang sering digunakan oleh konsumen secara langsung. Contohnya adalah makanan, kain, dan kosmetik. Sedangkan barang produksi adalah barang yang digunakan kembali oleh sebuah pabrik untuk m

Pengertian Finansial dan Perkembangan Berbagai Istilah dari Kata Tersebut dalam Bidang Ekonomi

Mendengar kata finansial, tentunya kita akan berpikir itu adalah istilah dalam bidang ekonomi. Ya, finansial adalah sebuah kata yang sering muncul dalam bidang ekonomi. Finansial berasal dari bahasa Inggris, yakni finance. Mudahnya, finansial juga diartikan sebagai keuangan. Lalu sebenarnya, apa pengertian finansial itu? Mari kita lihat pengertian-pengertian dan pengembangan pemakaian kata finansial dalam bidang ekonomi. Semoga dengan ulasan berikut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru atau menambah pemahaman Anda tentang ekonomi. Pengertian finansial dapat mencakup beberapa aspek, misalnya ilmu keuangan dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset tersebut, dan bagaimana menghitung dan mengatur risiko proyeknya. Finansial berarti mempelajari kemampuan individu, bisnis , dan organisasi untuk mengelola, meningkatkan, mengalokasi, juga menggunakan sumberdaya moneter yang sejalan dengan waktu serta menghitung risiko dan menentukan prospek. Finansial juga dapat berarti admi