Skip to main content

Berbagai Manfaat Teknologi dalam Macam-macam Aspek

Teknologi saat ini telah menjadi salah satu hal yang sangat umum dalam kehidupan anda dan orang lainnya. Sudah menjadi fakta yang tak terbantahkan bila hidup setiap orang tidak akan bisa begitu saja lepas dari teknologi, bahkan orang yang tinggal di kutub sekalipun tetap akan membutuhkan adanya teknologi. Teknologi itu hadir dalam keseharian anda. Contohnya saja, apabila anda memiliki handphone, tentu itu menjadi salah satu teknologi yang tidak bisa lepas begitu saja dari hidup anda. Yang lebih sederhana lagi adalah lampu. Dari hal ini, nampaklah bahwa manfaat teknologi itu sangatlah besar dan luas. Bahkan tidak salah bila kemudian dikatakan bahwa teknologi itu selalu hadir dalam tiap kegiatan dan aktivitas hidup anda. Tentu saja, yang dinamakan teknologi tidak sekedar berbagai peralatan mutakhir yang sangat rumit. Teknologi meliputi berbagai hal atau peralatan yang anda jumpai sehari-hari hingga berbagai peralatan yang barang kali belum pernah anda lihat.

Berbagai manfaat teknologi itu meliputi banyak hal. Yang paling mendasar adalah dalam kehidupan sehari-hari anda. Teknologi pertama yang patut anda lihat adalah listrik. Sudah pasti listrik itu sangatlah penting. Bisa anda bayangkan sendiri, apa yang akan terjadi bila terjadi pemadaman listrik selama satu hari penuh. Tentu saja, hidup anda akan terasa sangat tidak nyaman. Selain itu, akan banyak hal yang tidak bisa anda gunakan, karena saat ini banyak hal yang dioperasikan menggunakan listrik, mulai dari lampu rumah hingga komputer. Selain listrik, teknologi juga bisa ditemukan dalam berbagai peralatan rumah tangga. Misalkan saja, untuk memasak, anda bisa menggunakan kompor listrik, rice cooker, oven, blender dan kulkas. Dalam hal pakaian, anda bisa mencuci menggunakan mesin cuci dan menggunakan setrika untuk merapikan pakaian anda. Untuk menjaga kebersihan, anda bisa menggunakan alat penyedot debu. Itu adalah beberapa manfaat dari teknologi dalam hidup keseharian anda.

Dalam hal transportasi pun, teknologi memegang peranan penting. Bisa dilihat bahwa beberapa puluh tahun yang lalu, orang belum mengenal mesin. Sedangkan sekarang, mesin menjadi penggerak utama berbagai sarana transportasi, bahkan becak pun sekarang menggunakan mesin. Selain itu, ada pula pesawat serta kereta listrik. Hal itu tak lain adalah produk dari perkembangan teknologi yang ada saat ini, sehingga anda sama sekali tak bisa menutup mata terhadap berbagai manfaat teknologi dalam hal peralatan transportasi.

Selain transportasi, komunikasi pun semakin dimudahkan dengan adanya teknologi yang terwujud dalam handphone. Handphone telah menggantikan fungsi telepon kabel dan dengan telepon genggam tersebut, anda bisa berkomunikasi dengan orang lain secara lebih mudah. Dalam berkomunikasi pun, sekarang tak lagi sebatas berbicara atau menulis pesan. Perkembangan internet telah memungkinkan anda untuk bertatap muka dengan orang yang berada di tempat berbeda menggunakan video conference. Saat ini juga ada banyak sekali jejaring sosial, yang memudahkan anda untuk berkomunikasi dengan teman anda, termasuk pula mendapatkan teman baru.

Kegunaan teknologi lainnya ada di dalam dunia ilmu pengetahuan dan kesehatan. Seperti yang telah anda ketahui, saat ini telah ada mikroskop yang memungkinkan anda untuk melihat objek yang sangat kecil. Mikroskop pun telah berkembang dan kini telah dikenal berbagai jenis mikroskop yang lebih mudah digunakan yang tentu saja mampu menghasilkan gambar objek yang lebih jelas. Hal ini tentu akan sangat berguna dalam hal ilmu pengetahuan maupun kesehatan. Selain itu, masih ada banyak manfaat teknologi yang bisa didapatkan dari berbagai peralatan kedokteran serta peralatan penelitian lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Di Indonesia istilah kebugaran jasmani sudah umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengertian kebugaran jasmani yang tepat adalah sulit, karena kebugaran jasmani merupakan masalah yang komplek. Pengertian kebugaran jasmani yang disampaikan para ahli bermacam-macam, antara ahli yang satu dengan ahli yang lain tidak sama, hal ini dapat kita lihat pendapat masing-masing ahli antara lain: Menurut Kockey dalam Sumarjo (2002 : 43) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1998 : 19) kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak.

Pengertian Finansial dan Perkembangan Berbagai Istilah dari Kata Tersebut dalam Bidang Ekonomi

Mendengar kata finansial, tentunya kita akan berpikir itu adalah istilah dalam bidang ekonomi. Ya, finansial adalah sebuah kata yang sering muncul dalam bidang ekonomi. Finansial berasal dari bahasa Inggris, yakni finance. Mudahnya, finansial juga diartikan sebagai keuangan. Lalu sebenarnya, apa pengertian finansial itu? Mari kita lihat pengertian-pengertian dan pengembangan pemakaian kata finansial dalam bidang ekonomi. Semoga dengan ulasan berikut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru atau menambah pemahaman Anda tentang ekonomi. Pengertian finansial dapat mencakup beberapa aspek, misalnya ilmu keuangan dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset tersebut, dan bagaimana menghitung dan mengatur risiko proyeknya. Finansial berarti mempelajari kemampuan individu, bisnis , dan organisasi untuk mengelola, meningkatkan, mengalokasi, juga menggunakan sumberdaya moneter yang sejalan dengan waktu serta menghitung risiko dan menentukan prospek. Finansial juga dapat berarti admi

Pengertian Industri Secara Luas dan Sempit

Pengertian industri secara luas dapat dikatakan segala kegiatan ekonomi yang bersifat produktif atau menghasilkan keuntungan. Atau bisa disebut juga industri merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah agar bisa mendapatkan keuntungan. Ada pula pengertian industri menurut UU No 5 Tahun 1984 yaitu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi yang dijadikan barang dengan nilai yang lebih tinggi guna bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Industri juga diartikan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan perlatan seperti halnya mesin. Untuk produk yang diolah, dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi. Untuk barang konsumsi yaitu barang yang sering digunakan oleh konsumen secara langsung. Contohnya adalah makanan, kain, dan kosmetik. Sedangkan barang produksi adalah barang yang digunakan kembali oleh sebuah pabrik untuk m