Skip to main content

Beberapa Jenis Penyakit Organ Ginjal

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi keinginan setiap orang karena kesehatan sangat mahal harganya. Karena itu kita wajib menjaga semua organ tubuh kita dengan memulai menjalani pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Beberapa kebiasaan seperti merokok, minum-minuman beralkohol, memakai obat terlarang dan kebiasaan begadang juga dapat merusak kesehatan dan organ tubuh kita karena itu kebiasaan buruk tersebut harus kita hindari. Bagian organ tubuh yang seringkali terkena dampak dari kebiasaan tersebut adalah ginjal. Berikut adalah beberapa jenis penyakit organ ginjal yang sering dialami banyak orang akibat lalai menjaga kesehatan tubuhnya.

Jenis Penyakit Organ Ginjal

1. Batu Ginjal
Jenis penyakit organ ginjal yang cukup familiar bagi orang awam adalah batu ginjal. Penyakit pada organ ginjal ini disebabkan oleh berkumpulnya mineral dan benda-benda organik pada organ ginjal. Pada umumnya batu ginjal yang berukuran kecil masih dapat keluar dari badan kita dengan sendirinya seperti melalui air seni. Tetapi pada batu ginjal yang berukuran relatif lebih besar biasanya hanya bisa diatasi dengan cara medis yaitu dengan metode pembedahan. Ada beberapa hal yang dapat memperparah kondisi ini seperti berkurangnya volume cairan pada tubuh dan menumpuknya jumlah mineral. Hal ini akan membuat terganggunya keseimbangan antara cairan dengan larutan yang terdapat pada organ ginjal tersebut. Karena itu kita harus rutin minum air putih sebanyak 8 gelas per hari untuk terhindar dari batu ginjal.

2.  Gagal Ginjal
Jenis penyakit organ ginjal yang juga sering kita dengar adalah gagal ginjal. Penyakit pada organ ginjal ini sangat berbahaya jika tidak segera ditangani karena dapat mengakibatkan rusak dan hilangnya sebagian atau keseluruhan fungsi dari organ ginjal pada tubuh. Gagal ginjal disebabkan karena rusaknya tubulus di dalam organ ginjal akibat obat-obatan atau larutan organik seperti karbon tetraklorida, aseton dan etilen glikol yang bersinggungan dengan senyawa logam seperti timah, merkuri dan uranium. Selain itu gagal ginjal juga dapat disebabkan oleh penyakit diabetes yang dapat merusak medula atau bagian dalam pada ginjal atau karena kelebihan garam kalsium pada organ ginjal. Bagi anda yang terbiasa mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka yang panjang sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan anda karena kebiasaan tersebut dapat memicu gagal ginjal. Konsultasikan dengan dokter pribadi anda jika anda terpaksa harus mengkonsumsi suatu obat tertentu dalam jangka waktu tertentu.

3. Glomerulonephritis
Jenis penyakit organ ginjal berikutnya Glomorelunophritis yang sering menyerang organ ginjal. Penyakit pada organ ginjal ini disebabkan oleh lumpuhnya sistem imun pada tubuh kita. Untuk gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini yaitu terdapat darah pada urine kita, adanya pembengkakan pada jaringan tubuh dan adanya kandungan protein pada urine yang disebabkan oleh bakteri streptococcal. Biasanya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa melalui pengobatan. Untuk terhindar dari penyakit ini anda harus memperkuat sistem imun pada tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, rajin berolahraga dan cukup minum air putih.

4. Pyelonephrits
Jenis penyakit organ ginjal yang terakhir adalah Pyelonephrits yang mungkin jarang kita dengar dan ketahui. Penyakit ini merupakan infeksi atau peradangan pada jaringan organ ginjal dan renal pelvis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan merupakan salah satu penyakit organ ginjal yang sering terjadi. Penyakit ini bisa menjadi kronis jika tidak segera ditangani.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Di Indonesia istilah kebugaran jasmani sudah umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengertian kebugaran jasmani yang tepat adalah sulit, karena kebugaran jasmani merupakan masalah yang komplek. Pengertian kebugaran jasmani yang disampaikan para ahli bermacam-macam, antara ahli yang satu dengan ahli yang lain tidak sama, hal ini dapat kita lihat pendapat masing-masing ahli antara lain: Menurut Kockey dalam Sumarjo (2002 : 43) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1998 : 19) kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak.

Pengertian Finansial dan Perkembangan Berbagai Istilah dari Kata Tersebut dalam Bidang Ekonomi

Mendengar kata finansial, tentunya kita akan berpikir itu adalah istilah dalam bidang ekonomi. Ya, finansial adalah sebuah kata yang sering muncul dalam bidang ekonomi. Finansial berasal dari bahasa Inggris, yakni finance. Mudahnya, finansial juga diartikan sebagai keuangan. Lalu sebenarnya, apa pengertian finansial itu? Mari kita lihat pengertian-pengertian dan pengembangan pemakaian kata finansial dalam bidang ekonomi. Semoga dengan ulasan berikut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru atau menambah pemahaman Anda tentang ekonomi. Pengertian finansial dapat mencakup beberapa aspek, misalnya ilmu keuangan dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset tersebut, dan bagaimana menghitung dan mengatur risiko proyeknya. Finansial berarti mempelajari kemampuan individu, bisnis , dan organisasi untuk mengelola, meningkatkan, mengalokasi, juga menggunakan sumberdaya moneter yang sejalan dengan waktu serta menghitung risiko dan menentukan prospek. Finansial juga dapat berarti admi

Pengertian Industri Secara Luas dan Sempit

Pengertian industri secara luas dapat dikatakan segala kegiatan ekonomi yang bersifat produktif atau menghasilkan keuntungan. Atau bisa disebut juga industri merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah agar bisa mendapatkan keuntungan. Ada pula pengertian industri menurut UU No 5 Tahun 1984 yaitu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi yang dijadikan barang dengan nilai yang lebih tinggi guna bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Industri juga diartikan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan perlatan seperti halnya mesin. Untuk produk yang diolah, dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi. Untuk barang konsumsi yaitu barang yang sering digunakan oleh konsumen secara langsung. Contohnya adalah makanan, kain, dan kosmetik. Sedangkan barang produksi adalah barang yang digunakan kembali oleh sebuah pabrik untuk m