Skip to main content

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Siapa sangka ternyata meminum kopi juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Memang kebanyakan dari kita hanya mengetahui manfaat kopi hanya untuk mengurangi rasa kantuk saat harus begadang sehingga  meminum kopi menjadi favorit bagi pekerja yang lembur atau menemani kita saat begadang untuk menonton bola. Dibalik anggapan negatif mengenai kandungan kafein yang terdapat pada kopi, menurut beberapa penelitan ada beberapa manfaat yang terkandung dari kopi itu sendiri. Dari beberapa manfaat dari kopi, berikut ini 5 manfaat dari kopi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Kopi

1. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Hasil dari penelitian mengungkapkan manfaat dari kopi jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung atau stroke. Karena itu sebaiknya anda mengkonsumi secara rutin sebanyak 2-3 cangkir kopi setiap harinya. Hasil penelitian ini tentu cukup mengejutkan apalagi kebanyakan orang-orang menganggap terlalu sering mengkonsumsi kopi justru menyebabkan penyakit jantung.

2. Mencegah Kanker
Manfaat kopi berikutnya yaitu dapat mencegah kanker. Dari beberapa riset yang dilakukan oleh beberapa ahli diseluruh dunia menemukan bahwa dengan mengkonsumsi kopi dapat mencegah terjadinya kanker payudara, kanker hati dan kanker usus. Dengan mengkonsumi kopi sebanyak 2-3 cangkir secara rutin maka akan memperbesar peluang untuk mencegah diri kita terserang kanker disamping menjalankan pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga, mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran, menjauhi alkohol dan rokok.

3. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Diabetes
Manfaat kopi lainnya yaitu dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan Asam Klorogenik yang terdapat di dalam kopi tersebut. Kandungan dari Asam Klorogenik ini berfungsi untuk memperlambat penyerapan kadar gula. Selain itu kandungan ini juga bermanfaat dalam proses pembentukan GLP-1 yang berperan untuk meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Selain itu dengan mengkonsumi kopi secara rutin maka anda akan terhindar dari penyakit Diabetes tipe 2 hingga 50% tetapi ingat untuk menjaga pola makanan dan gaya hidup anda sehari-hari.

4. Mencegah Batu Ginjal
Bagi anda yang takut terkena batu ginjal maka sering-seringlah mengkonsumi kopi karena kopi juga bermanfaat untuk mencegah kita terkena batu ginjal. Manfaat kopi untuk mencegah batu ginjal ini telah diteliti oleh para pakar yang berasal dari Harvard dimana para pakar tersebut menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi hingga 2-3 cangkir per hari maka resiko untuk terkena batu ginjal hanya sebesar 25% saja. Beberapa penelitian lain di seluruh dunia juga mendapati hasil yang sama dari penelitian tersebut.

5. Kopi Dapat Menambah Stamina dan Mengurangi Rasa Sakit Kepala
Beberapa dari kita tentu pernah menyadari bahwa manfaat kopi yang diminum secara rutin dapat meningkatkan stamina. Hal ini bisa terjadi karena zat kafein yang masuk ke dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosis yang terdapat dalam tubuh kita. Senyawa adenosin ini berfungsi membuat orang menjadi cepat tidur tetapi kandungan dari kafein tersebut memperlambat sel-sel tubuh sehingga tubuh menjadi tidak mudah lelah dan mengantuk sehingga kita terasa segar. Kandungan dari kafein tersebut juga berfungsi untuk mengurangi rasa sakit kepala. Dengan banyaknya manfaat kopi untuk kesehatan tersebut membuat anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi kopi. Tetapi ingat jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jadi usahakan mengkonsumsi kopi dalam taraf yang wajar.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Di Indonesia istilah kebugaran jasmani sudah umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengertian kebugaran jasmani yang tepat adalah sulit, karena kebugaran jasmani merupakan masalah yang komplek. Pengertian kebugaran jasmani yang disampaikan para ahli bermacam-macam, antara ahli yang satu dengan ahli yang lain tidak sama, hal ini dapat kita lihat pendapat masing-masing ahli antara lain: Menurut Kockey dalam Sumarjo (2002 : 43) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1998 : 19) kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak.

Pengertian Industri Secara Luas dan Sempit

Pengertian industri secara luas dapat dikatakan segala kegiatan ekonomi yang bersifat produktif atau menghasilkan keuntungan. Atau bisa disebut juga industri merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah agar bisa mendapatkan keuntungan. Ada pula pengertian industri menurut UU No 5 Tahun 1984 yaitu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi yang dijadikan barang dengan nilai yang lebih tinggi guna bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Industri juga diartikan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan perlatan seperti halnya mesin. Untuk produk yang diolah, dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi. Untuk barang konsumsi yaitu barang yang sering digunakan oleh konsumen secara langsung. Contohnya adalah makanan, kain, dan kosmetik. Sedangkan barang produksi adalah barang yang digunakan kembali oleh sebuah pabrik untuk m

Pengertian Finansial dan Perkembangan Berbagai Istilah dari Kata Tersebut dalam Bidang Ekonomi

Mendengar kata finansial, tentunya kita akan berpikir itu adalah istilah dalam bidang ekonomi. Ya, finansial adalah sebuah kata yang sering muncul dalam bidang ekonomi. Finansial berasal dari bahasa Inggris, yakni finance. Mudahnya, finansial juga diartikan sebagai keuangan. Lalu sebenarnya, apa pengertian finansial itu? Mari kita lihat pengertian-pengertian dan pengembangan pemakaian kata finansial dalam bidang ekonomi. Semoga dengan ulasan berikut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru atau menambah pemahaman Anda tentang ekonomi. Pengertian finansial dapat mencakup beberapa aspek, misalnya ilmu keuangan dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset tersebut, dan bagaimana menghitung dan mengatur risiko proyeknya. Finansial berarti mempelajari kemampuan individu, bisnis , dan organisasi untuk mengelola, meningkatkan, mengalokasi, juga menggunakan sumberdaya moneter yang sejalan dengan waktu serta menghitung risiko dan menentukan prospek. Finansial juga dapat berarti admi