Skip to main content

Sehat dan Hemat dengan Manfaat Kacang Hijau

Sehat tidak berarti anda harus mengeluarkan banyak uang. Sehat dapat diperoleh dengan berbagai cara yang murah seperti lari, makan sayur-sayuran dan juga asupan susu. Kedelai adalah salah satu makanan yang memilik kandungan yang komplit. Semua kebutuhan tubuh seperti protein, kalsium, fosfor, dan lemak akan sangat berguna bagi kesehatan anda. Semua manfaat kacang hijau dapat didapatkan dengan cara yang mudah dan murah. Toko dan warung disekitar anda pasti akan menyediakan kacang hijau sehingga bisa menjadi konsumsi sehari-hari. Pemanfaatan kacang hijau sendiri beranekaragam, mulai dari makanan seperti onde-onde hingga susu kacang hijau. Namun dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, kacang hijau juga mulai digunakan untuk kecantikan yakni menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit.

Manfaat Kacang Hijau


Ada beberapa kesalahan dari pemprosesan kacang hijau, biasanya orang-orang membersihkan kacang hijau dengan air yang mengalir. Padahal vitamin adalah zat yang sangat mudah larut sehingga air yang digunakan untuk membersihkan kacang hijau terlalu lama akan membuatnya hanya menjadi ampas. Kasus yang sama juga terjadi pada tahap pemasakan kacang hijau. Biasanya para ibu memasak kacang hijau terlalu matang sehingga kadar vitamin dan protein juga terserap hilang melalui uap. Oleh karena itu apabila dua kesalahan tersebut dikombinasikan maka anda bisa membayangkan sendiri apa yang sedang anda makan sebenarnya. Dengan cara memasak yang benar anda akan mendapatkan manfaat kacang hijau yang sangat berguna bagi anda dan keluarga khususnya bagi tumbuh kembang si kecil.

Vitamin A menjadi salah satu kandungan terbanyak pada kacang hijau. Manfaat kacang hijau dari vitamin ini adalah untuk menjaga kesehatan mata anda. Selain itu vitamin A juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka-luka ringan anda. Selain itu vitamin A juga mempercepat proses pembentukan jaringan tubuh. Sedangkan vitamin B1 akan membantu kinerja dari syaraf anda. Ditambah lagi dengan vitamin B2 yang sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu asam folat, lemak tak jenuh, karbohidrat, fosfor, kalsium dan protein juga merupakan zat-zat yang sangat baik bagi perkembangan janin anda. Dengan asupan tersebut maka kemungkinan bayi anda akan lahir dalam keadaan bersih, memiliki rambut yang lebat dan juga sehat.

Sedangkan kacang hijau juga sangat terasa bagi orang-orang yang sudah berumur dan memiliki banyak pantangan makanan. Kandungan lemak tak jenuh di dalam kacang hijau akan menjadi penyeimbang bagi anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi junk food. Jika dikonsumsi secara rutin maka koleksterol anda akan turun dengan drastis. Lemak tak jenuh tersebut juga sangat berfungsi bagi kelancaran peredaran darah di dalam tubuh. Sehingga dapat membuat antioksidan anda meningkat dan mengurangi penuaan dini. Tidak hanya itu, kacang hijau juga masih bekerja di area saluran pembuangan. Ampas dari kacang hijau bisa menyerap racun-racun yang ada di dalam tubuh dan membawanya keluar.  Dengan kata lain kacang hijau akan mengurangi resiko kanker usus.

Fosfor dan kalsium yang dikandung oleh kacang hijau juga akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan gigi dan tulang anda. Selain itu manfaat kacang hijau tersebut akan sangat terasa pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Selain itu kacang hijau juga sangat membantu untuk membentuk otot, otak dan organ tubuh lainnya secara proporsional. Secara umum kandungan kacang hijau terdiri dari lemak tak jenuh, protein, asam lemak essensial, karbohidrat, mineral dan berbagai jenis vitamin.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Di Indonesia istilah kebugaran jasmani sudah umum digunakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengertian kebugaran jasmani yang tepat adalah sulit, karena kebugaran jasmani merupakan masalah yang komplek. Pengertian kebugaran jasmani yang disampaikan para ahli bermacam-macam, antara ahli yang satu dengan ahli yang lain tidak sama, hal ini dapat kita lihat pendapat masing-masing ahli antara lain: Menurut Kockey dalam Sumarjo (2002 : 43) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga. Menurut Sadoso Sumosardjuno (1998 : 19) kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan keperluan-keperluan yang mendadak.

Pengertian Finansial dan Perkembangan Berbagai Istilah dari Kata Tersebut dalam Bidang Ekonomi

Mendengar kata finansial, tentunya kita akan berpikir itu adalah istilah dalam bidang ekonomi. Ya, finansial adalah sebuah kata yang sering muncul dalam bidang ekonomi. Finansial berasal dari bahasa Inggris, yakni finance. Mudahnya, finansial juga diartikan sebagai keuangan. Lalu sebenarnya, apa pengertian finansial itu? Mari kita lihat pengertian-pengertian dan pengembangan pemakaian kata finansial dalam bidang ekonomi. Semoga dengan ulasan berikut, Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru atau menambah pemahaman Anda tentang ekonomi. Pengertian finansial dapat mencakup beberapa aspek, misalnya ilmu keuangan dan aset lainnya, pengelolaan atau manajemen aset tersebut, dan bagaimana menghitung dan mengatur risiko proyeknya. Finansial berarti mempelajari kemampuan individu, bisnis , dan organisasi untuk mengelola, meningkatkan, mengalokasi, juga menggunakan sumberdaya moneter yang sejalan dengan waktu serta menghitung risiko dan menentukan prospek. Finansial juga dapat berarti admi

Pengertian Industri Secara Luas dan Sempit

Pengertian industri secara luas dapat dikatakan segala kegiatan ekonomi yang bersifat produktif atau menghasilkan keuntungan. Atau bisa disebut juga industri merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah agar bisa mendapatkan keuntungan. Ada pula pengertian industri menurut UU No 5 Tahun 1984 yaitu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi yang dijadikan barang dengan nilai yang lebih tinggi guna bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Industri juga diartikan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan perlatan seperti halnya mesin. Untuk produk yang diolah, dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi. Untuk barang konsumsi yaitu barang yang sering digunakan oleh konsumen secara langsung. Contohnya adalah makanan, kain, dan kosmetik. Sedangkan barang produksi adalah barang yang digunakan kembali oleh sebuah pabrik untuk m